Tuesday, February 1, 2011

Apa itu Method ???

Method adalah sub-program dalam pembuatan program, jadi program utama dipecah menjadi beberaoa sub-program untuk membantu para programer 

Deklarasi Method memiliki stuktur sebagai berikut : 
Modifier tipeNilaiKembalian namaMethod (parameter input) throws exception
{
Body dari Method;
}
  • Modifier digunakan untuk mendeklarasikan kelas karena prinsipnya, modifier untuk mendeklarasikan kelas karena pada prinsipnya, modifier dapat “dilekatkan” pada kelas, data dan method. Namun demikian, implikasi dari penggunaan modifier pada ketiganya belum tentu sama persis antara satu dengan lainnya. 
    • Tipe Nilai Kembalian (Return Value Tipe) harus dituliskan tipe datanya, sedangkan bila tidak mengembalikan nilai, maka return Value Type anda beri atribut void
    • Parameter Input dapat dibagi menjadi dua, yakni membutuhkan input atau tidak. Input dalam java bisa berupa input bertipe data primitive ataupun objek. Bila method Membutuhkan input, maka tipe data parameter dari input tersebut harus dituliskan. Bila tidak membutuhkan input, maka bagian di dalam tanda kurung setelah di deklarasikan method harus dikosongkan.
    Aturan dasar dan anjuran penamaan method yaitu :
    Aturan dasar (bersifat harus diikuti)
    1.    Dimulai dari abjad (a,b,c,d,e,…) atau karakter underscore ( _ ) atau tanda dollar     ( $ ). Nama Method tidak dapat dimulai dengan bilangan (0,1,2..). Setelah karakter pertama, dapat diikuti kombinasi abjad, under-score, dollar atau bilangan
    2.    Tidak boleh menggunakan reserved keyword dalam java (public, class, Boolean, …)
    3.    Tidak boleh menggunakan operator (+.-,=)
    4.    Java bersifat case sensitive (membedakan huruf kecil dan capital), sehingga abjad “a” dan “A” diperlakukan sebagai dua karakter yang berbeda

    Aturan Konversi (bersifat boleh diikuti atau tidak ) sebagai berikut :
    1.    Bila nama method hanya berdiri dari satu abjad atau satu kata, semua abjad sebagai huruf kecil. Contoh : “a”, “x”,”perkalia”, “pembagian”.
    2.    Bila nama method terdiri dari dua kata atau lebih, kedua kata itu digabungkan. Huruf pertama dari kata petama sebaiknya huruf kecil, sedangkan huruf pertama kata kedua dan kata berikutnya sebaiknya huruf capital. Contoh: “perkalianMatriks”   

    Program method dalam beberapa bahasa pemrograman sering disebut fungsi atau prosedur. Selain itu, method juga merupakan sub program yang membagi program menjadi beberapa bagian atau modul. Untuk membentuk program luas lingkaran, pemanggilan method menciptakan obyek class selain itu method juga menggunakan parameter (argumen).

    Format method secara umum:
    Secara umum, deklarasi method mempunyai 6 komponen, begitu pula untuk membentuk program penghitung luas lingkaran:
    Modifier                 -  public, private, dan yang lain.
    Return type            - tipe data dari nilai yg dikembalikan oleh method
    Nama method        - penamaan field diterapkan untuk nama method
    Daftar parameter    - pemisah antarparameter input adalah koma, diawali oleh tipe data yg diletakkan antara tanda kurung, jika tidak ada parameter harus menggunakan ( ).
    Daftar exception    - tidak akan masuk dalam pembahasan di sini.
    Isi method     - diletakkan diantara tanda kurung kurawal { } – kode-kode method, termasuk deklarasi variabel lokal ada disini.

    Penamaan method
    Nama method harus sebuah kata kerja dalam huruf kecil namun beberapa kata huruf pertama dari kata berikutnya harus huruf besar.


    Method dengan parameter (argumen)
    Jika diinginkan untuk difungsikan sebagai method penjumlah dua bilangan, tetapi bilangannya selalu berbeda, maka digunakan parameter. Seperti halnya perbedaan tipe data integer dan float/double di penghitungan luas segitiga.


    Pemanggilan method dengan menciptakan obyek class

    Penggunaan sifat static pada method menyebabkan method tidak perlu dipanggil dg penciptaan obyeknya.
    Sebagian method tidak dideklarasikan static sehingga bisa dipanggil dg cara menciptakan obyek class dari method tsb.

    1 comment:

      © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

    Back to TOP