Tuesday, March 22, 2011

16 manfaat kulit lemon

Bukan hanya buahnya saja yang ternyata memiliki banyak manfaat baik, namun juga kulitnya. Dengan kulit lemon, berderet 'masalah' berikut ini bisa diselesaikan dengan mudah. Mari kita simak bersama-sama.

1. Pengusir minyakCoba lihat sekeliling dan amati, apa saja yang tampak berminyak di sekitar dapur Anda? Apakah itu wajan, pinggiran kompor atau meja dapur? Sebelum membersihkannya dengan air, sabun dan kain, gunakan lemon untuk mengusir noda minyaknya. Taburkan sejumput garam ke dalam perasan setengah buah lemon dan gosokkan ke area berminyak, lalu basuh dengan kain.

Catatan: hati-hati menggunakan lemon di atas permukaan marmer atau bahan lain yang sensitif terhadap asam.

2. Membersihkan bekas teh dan kopiUntuk membersihkan bekas teh dan kopi yang menempel dalam gelas atau teko, Anda bisa mengisi teko dengan air, tambahkan segenggam potongan kulit lemon dan didihkan. Matikan kompor dan diamkan hingga 1 jam. Buang air dan bilas bagian dalam teko. Untuk teko kopi, tambahkan es, garam dan kulit lemon ke dalam teko, kocok 1-2 menit, buang baru bilas.







3. Membersihkan microwaveDaripada menggunakan pembersih dari bahan kimia yang tak ramah lingkungan, ada baiknya Anda beralih ke bahan alami untuk membersihkan kotoran yang melekat dalam oven. Caranya? Masukkan kulit lemon ke dalam mangkuk microwave. Isi setengah bagian mangkuk dengan air, lalu masak dalam suhu tinggi selama 5 menit. Biarkan didihan air kulit lemon mengembun pada ruang bagian dalam microwave dan setelah mangkuk dikeluarkan, Anda tinggal membasuhnya saja.

4. Menghilangkan bau sampahKulit lemon bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau di area sekitar pembuangan sampah di dapur.

5. Menggosok bahan khromTimbunan mineral dalam keran air atau barang lain yang terbuat dari bahan khrom bisa diperhalus dengan menggosokkan setengah bagian lemon. Setelah selesai, bilas dan keringkan dengan kain.

6. Mengilapkan bahan tembagaAlat masak dari bahan tembaga bisa dibuat mengilap dengan menggosoknya menggunakan campuran setengah buah lemon, garam atau baking soda. Tinggal gosok, diamkan selama 5 menit, bilas dengan air hangat lalu keringkan.

7. Membersihkan tempat cuci piring dari bahan stainless steel Metodenya tak jauh beda dengan saat membersihkan bahan khrom.

8. Mengusir seranggaBanyak hama benci akan sifat asam yang terdapat dalam lemon. Anda bisa mencincang kulit lemon, lalu meletakkannya dekat lubang, jendela, atau area manapun yang menjadi jalan masuk bagi semut atau hewan kecil lainnya.

9. Pengharum ruanganCuaca panas? Masukkan saja potongan kulit lemon ke dalam sebuah wadah berisi air, dan didihkan perlahan dengan api kecil untuk melembabkan dan mengharumkan ruangan.

10. Me-refresh talenanKarena pH lemon cukup rendah, maka lemon memiliki kandungan anti bakteri yang bisa mensterilkan talenan. Setelah dicuci, gosok permukaan talenan, diamkan beberapa menit, bilas.

11. Melunakkan gula merahTak hanya potongan apel saja yang bisa melunakkan gula merah, namun kulit lemon juga. Hanya pastikan untuk membersihkan kulitnya lebih dulu sebelum memasukkannya ke dalam kantung gula. Kelembaban kulit lemon akan melunakkan kerasnya tekstur gula merah.

12. Penambah rasaEntah kulit lemon segar, kering, hingga yang dibekukan sekalipun, semuanya bisa menyedapkan olahan makanan, secara alami lagi. Anda bisa menambahkan cincangan kulit lemon ke dalam salad, ikan, hingga sajian roti.

13. Hiasan hidanganKulit lemon yang dipotong panjang bisa dibentuk menjadi spiral, bunga, atau bentuk lain untuk menghiasi makanan dan minuman.

14. Bubuk ekstrak lemonDari mana asalnya bubuk ekstrak lemon jika bukan dari bagian lemon itu sendiri? Cincang kulit lemon, pastikan Anda sudah membuang sari putihnya (biasanya pahit), dan keringkan dengan meletakkannya di atas piring selama 3-4 hari. Masukkan ke dalam blender dan hancurkan hingga berbentuk serbuk. Lagi-lagi ekstrak satu ini bisa menyedapkan makanan.

15. Gula lemonCaranya sama dengan membuat ekstrak lemon di atas. Anda hanya tinggal menambahkan gula saja dan simpan campuran ke dalam toples. Gula dalam sekejap memiliki rasa lemon.




0 komentar:

Post a Comment

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP