Sunday, March 27, 2011

Dasar Internet dan Intranet

Internet dan Intranet
Apa itu Internet ?
Internet merupakan jaringan rangkaian komputer      ( networking ) dengan rangkaian komputer lain di seluruh dunia.
Internet berguna untuk kita berkomunikasi dan bertukar informasi, file, data, suara, gambar dan sebagainya antara individu dan manusia diseluruh dunia.
Setiap komputer dan jaringan terhubung - secara langsung maupun tidak langsung - ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Contoh: 202.155.4.230

Sejarah internet dunia 
Tahun 1967 - 1970 : Lawrence G. roberts dari machusetts of Technology (MIT) mempre-sentasikan rencana pembangunan ARPANET.
Tahun 1968 : proposal ARPANET dibuat untuk memulai proyek tersebut.
Tahun 1970 : Host ARPANET mulai menggunakan NPC (Network Control Protocol).
Tahun 1971-1988 : Roy Tomlinson dari BNN menciptakan progam E-mail. 
Tahun 1975 : steve walker membuat mailling list.
Tahun 1979 : Tom Truscott dan Jim Ellis memperkenalkan USENET. 

15 maret 1985 : Syimbolic.com tercatat sebagai domain pertama. 
Tahun 1988 : Internet Relay chat (IRC) diciptakan oleh Jarkko Oikrane
Tahun 1986 : National Science Foundation (NSF) Backbone dibentuk.
Tahun 1996 : Internet World Expo.
Tahun 2003 : doc type xhtml, W3C, CSS, RSS, ATOM, blogs.
Tahun 2006 : WEB 2.0 World Expo.

Sejarah Internet Indonesia

Tahun 1992 : Berawal dari BPPT - UI - LAPAN. Terbentuk Paguyuban - teknologi packet radio sebagai basis untuk network regional.
Tahun 1994 : Indointernet sebagai ISP komersial pertama.
Tahun 2004  : Telah lebih dari 20 ISP, dan koneksinya telah bertambah banyak [ dial up, Lease line, ADSL, Cable, Handphone / GPRS, WI FI dan sebagainya

Contoh Jaringan Internet
 
Begitu juga dengan komputer lain semua harus dikoneksikan melalui suatu alat baik itu melalui MODEM dial up, ADSL, Cable, Radio, Wave , Satelite dan handphone. Penerima dan pemakai semua terhubung melalui alat-alat seperti diatas. dan harus berlangganan dengan salah satu provider yang menyediakan internet [ ISP / Internet Service Provider ].

Jenis Koneksi internet 
Dial up = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon. Dengan menggunakan sebuah modem dial-up. Saat online [ connect ] maka telepon tidak dapat digunakan. Perhitungan pulsa telepon berjalan + biaya internet dari provider.  max Kecepatan 56kb.

Broadband = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan kabel tv, dengan menggunakan modem broadband. Saat online dapat sekaligus nonton tidak berpengaruh. Dan biaya lebih hemat cukup membayar abodemen tv cable + biaya internet provider untuk 24 jam online [ no limit ]. kecepatan mulai dari 64kb - 256kb.
ADSL = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon juga. Namun ADSL menggunakan teknologi yang lebih modern. Saat online jalur telepon tidak terganggu, dapat digunakan dalam kebersamaan. Biaya cukup membayar provider internet dengan sistem perhitungan berdasarkan besarnya kilobyte  yang digunakan, koneksi 24 jam online. Kecepatan mencapai 512kb.
HANDPHONE = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan per kilobyte. Kecepatan mulai dari 64kb - 2mb.

Pengertian Intranet 
Intranet adalah suatu sistem aplikasi yang berbasis web, di mana pengguna hanya cukup menggunakan browser pada komputernya masing-masing (yang terhubung dengan network), untuk menggunakan aplikasi-aplikasi intranet. Hal ini menyebabkan spesifikasi komputer yang digunakan tidaklah perlu terlalu tinggi, dan secara teknis, lebih mempermudah pengembangan aplikasi (upgrade) dan dapat dikatakan irit bandwidth.
Beberapa Keunggulan Aplikasi Berbasis Intranet :  
1. Kemudahan Pengembangan 
Aplikasi dan data diletakkan pada sebuah server (dapat dilindungi dengan firewall). Hal ini mempermudah pengembangan aplikasi apabila akan di upgrade, karena cukup mengganti program yang ada di server, sementara di komputer pengguna, hanya cukup menggunakan browser.
2. Keamanan Aplikasi dan Data
Karena aplikasi dan data diletakkan di server, maka keamanan data dan aplikasi lebih terjaga dibandingkan jika aplikasi diletakkan secara tersebar di klien, dan diberikan hak akses ke database untuk masing-masing user.
3. Kemudahan Koneksi
Intranet menggunakan komunikasi melalui TCP/IP, sehingga secara teknis, pengguna yang berada berjauhan (misalnya : berbeda negara) dapat ikut menggunakan intranet ini, tergantung pada level sekuriti yang diterapkan pada intranet.
4. Kemudahan Penggunaan 
Bagi para pengguna internet yang sudah terbiasa untuk melakukan browsing, penggunaan intranet akan sangat mudah, karena tampilan dan cara penggunaan intranet sama dengan internet (browsing)
5. Optimalisasi hardware/perangkat komputer
Aplikasi dan data yang digunakan dalam intranet diletakkan di dalam sebuah server, bukan pada komputer pengguna.  Hal ini menyebabkan seluruh proses komputasi dilakukan di komputer server, sehingga pada komputer pengguna tidak dibutuhkan komputer dengan performa yang tinggi, cukup hanya pada sisi server saja.
6. Low Usage bandwidth
Karena seluruh proses perhitungan data dilakukan di sisi server, maka pada saat server mentransfer data ke pengguna, yang diberikan hanya data jadi berbentuk HTML/teks, bukan keseluruhan data yang belum terolah. Hal ini memperkecil jumlah data yang ditransferkan dibandingkan jika menggunakan sistem aplikasi yang konvensional.

Beberapa Keunggulan Aplikasi Berbasis Intranet :

1. Multi computer platform /operating system
Pada komputer pengguna hanya dibutuhkan aplikasi browser (IE/Netscape), tidak tergantung pada platform sistem yang digunakan oleh pengguna, sehingga pengguna yang kebetulan menggunakan platform sistem yang berbeda tetap dapat menggunakan aplikasi intranet ini (win95, win98, win nt, win 2000, Mac, Linux, dll)

Perbedaan Internet dan Intranet
INTERNET
Sistem Komputer umum, yang berhubungan secara Global menggunkana protokol TCP/IP sebagai pertukaran paket (packet switching communication protocol). 
INTRANET
Jaringan Intranet adalah jaringan Privat (Private Network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP)

Jika ingin mendonwload file presentasinya bisa anda download disini. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman

0 komentar:

Post a Comment

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP